5 Trivia Baik Makgeolli bagi Kesehatan, Si Arak Beras Khas Korea

5 Trivia Baik Makgeolli bagi Kesehatan, Si Arak Beras Khas Korea

5 Trivia Baik Makgeolli bagi Kesehatan, Si Arak Beras Khas Korea

VIPDOMINOONLOUNGE – POKER ONLINE 5 Trivia Baik Makgeolli bagi Kesehatan, Si Arak Beras Khas Korea Selain soju, minuman yang kerap muncul dalam drama Korea adalah makgeolli. Yup, makgeolli merupakan salah satu minuman fermentasi tradisional khas Korea Selatan. Minuman dengan warna putih keruh ini terbuat dari ekstrak beras, gandum, barley, serta biji-bijian yang kemudian difermentasikan dengan bahan alami nuruk.

Makgeolli juga memiliki kandungan alkohol yang rendah, sekitar 6–9% (tergantung dari merek makgeolli-nya). Meski begitu, minuman manis ini rupanya mengandung banyak manfaat yang jarang orang ketahui, lho. Lebih lanjut, yuk, simak selengkapnya trivia baik makgeolli bagi kesehatan.

1. Mengandung probiotik dan bersifat aktibakteri

Makgeolli yang merupakan produk fermentasi beras rupanya mengandung probiotik tinggi. Korean Journal of Food Science and Technology menyebut, setidaknya banyak bakteri asam laktat (BAL) yang tersimpan di dalam makgeolli dan kerap dianggap sebagai probiotik.

Penelitian yang dilakukan Chang, dkk. (2015) pun menemukan ada efek antibakteri di dalam makgeolli, nih. Antibakteri dalam makgeolli turut melawan bakteri Staphylococcus aureus yang kerap menyebabkan infeksi kulit serta E. coli yang kerap menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

2. Tersimpan vitamin dan protein yang melimpah

Selain tinggi bakteri asam laktat, dalam minuman yang punya nama lain nongju ini juga tersimpan vitamin dan protein yang melimpah, lho. Makgeolli mengandung asam amino esensial dan asam organik. Kedua protein tersebut dapat bantu mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh.

Menurut Journal of Food Science and Technology (2021), makgeolli juga memiliki asam asmino esensial L-Carnitine yang berfungsi untuk membangun massa otot dan membentuk energi. Selain itu, beta karoten atau vitamin A dalam makgeolli tentu sangat baik bagi kesehatan mata dan menjaga fungsi paru-paru.

3. Sahabat baik bagi pencernaan

Makgeolli memang kaya akan probiotik atau bakteri baik, ya. Salah satu yang ditemukan adalah Lactobacillus sp. Bahkan, Journal of Food Science and Technology menyakini bahwa makgeolli bisa mengandung 100–500 kali lipat lebih banyak Lactobacillus sp. daripada yogurt, lho.

Lalu, apa sih, kegunaan Lactobacillus sp. bagi tubuh? Bakteri baik tersebut dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan dan mengatasi diare. Korea Food Research Institute (KFRI) pun turut mengungkapkan bahwa makgeolli ini baik bagi kesehatan usus. Pusat penelitian makanan Korea Selatan itu pun terus meneliti lebih lanjut kegunaan makgeolli untuk sistem pencernaan. JOINSINI

4. Mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas

Trivia baik makgeolli selanjutnya adalah kandungan antioksidan dan antiinflamasinya yang cukup tinggi. Hal tersebut diungkapkan dalam Journal of the Institute of Brewing (2015) dengan menambahkan bahwa arak berak khas Korea ini juga kaya akan vitamin B dan C.

Seperti yang kita tahu, radikal bebas dapat mengundang penyakit serius. Salah satu penangkalnya adalah zat antioksidan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dini akibat paparan radikal bebas. Sudah banyak juga, lho, masker wajah yang mengandalkan kandungan arak beras seperti makgeolli. Sementara itu, sifat antiinflamasinya pun bantu mencegah kerusakan sel tubuh serta mempercepat penyembuhan radang.

5. Membantu memperkuat sistem imun tubuh

Sistem imun sangat dibutuhkan tubuh dalam rangka melawan serangan parasit, virus, bakteri, serta berbagai jenis patogen. Kabar baiknya, ilmuwan dari Jiangnan University menemukan manfaat polisakarida dalam arak beras yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh.

Hal itu pula dikaitkan dengan kandungan lain dalam makgeolli, seperti vitamin C yang dapat mendorong proses pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Selain itu, bakteri baik Lactobacillus sp. gak hanya baik bagi sistem pencernaan tetapi juga dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Rupanya banyak juga, ya, kandungan dalam makgeolli yang baik bagi kesehatan, mulai dari probiotik hingga tinggi antioksidan. Meski begitu, hati-hati konsumsi makgeolli terlalu banyak karena justru akan mengundang efek samping pada kesehatan. Gimana, tertarik mencobanya?

SUMBER BERITA : VIPDOMINO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *