Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

VipDominoLounge – Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips, Fish and chips merupakan makanan yang sangat klasik dan populer dari Inggris. Hidangan ini umumnya terdiri dari kentang serta potongan ikan yang di goreng menggunakan balutan adonan tepung sehingga kombinasi rasanya jadi sangat sempurna.

Saking populernya hidangan ini, banyak orang yang mulai membuat fish and chips secara rumahan. Tetapi banyak hal yang membuat hidangan tersebut gagal, terutama dalam proses pengolahan ikan.

Cara membuat fish and chips yang enak dan sedap bisa di perhatikan dari cara kamu mengolah ikan. Lima tips tersebut sudah di rangkum dalam daftar berikut ini supaya bisa segera di praktikkan di rumah.

Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Gunakan ikan segar 

5 Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Saat membuat hidangan apapun, menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas akan membantu meningkatkan rasa dari santapan tersebut biar semakin enak. Hal tersebut juga berlaku dalam proses pembuatan fish and chips.

Memang tidak ada salahnya ketika hendak menggunakan jenis ikan beku yang sudah di simpan selama beberapa waktu. Tetapi rasanya akan jauh berbeda jika di bandingkan menggunakan daging ikan yang masih segar untuk di olah menjadi makanan enak.

Oleh sebab itu, salah satu rahasia sukses membuat fish and chips yang enak bisa di mulai dengan memilih ikan berdaging putih di jual dalam kondisi segar. Ini supaya proses pengolahannya jadi lebih mudah sekaligus rasanya mampu bersaing dengan fish and chips yang ada di restoran ternama.

Potong ikan dengan ukuran yang pas

5 Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Selain memilih ikan segar, ukuran potongan daging ikan pun akan mempengaruhi hasil akhir dari kreasi fish and chips. Jangan sampai kamu menggunakan daging ikan yang terlalu tipis karena akan membuat bagian dalam hidangan ini terasa lebih garing.

Sementara itu, tekstur yang pas untuk olahan ikan dalam fish and chip adalah bagian luar yang crispy sedangkan bagian dalamnya masih cukup lembut. Oleh sebab itu kamu perlu memilih potongan yang agak lebih tebal untuk menghasilkan tekstur yang sempurna.

Biasanya jenis ikan yang cocok di sajikan sebagai fish and chips adalah ikan cod, haddock, sampai pollock. Tetapi jika tidak memiliki jenis ikan berdaging putih tersebut, kamu juga bisa menggunakan ikan patin atau dori segar supaya lebih nikmat.

Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Celupkan ke adonan sebelum di goreng

5 Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Sering kali orang yang membuat fish and chip akan mengalami kegagalan dalam mengolah ikan karena makanan tersebut gampang lembek. Selain memperhatikan komposisi bahan-bahan yang di gunakan dalam adonan, kamu juga perlu melihat teknik pemasakannya.

Supaya tekstur dari ikan masih tetap krispi, trik singkat yang bisa dil akukan adalah dengan melumuri daging ikan menggunakan adonan basah tepat sebelum di goreng. Ini akan mempertahankan tekstur renyah dalam ikan tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, biasanya orang menggunakan bahan-bahan penunjang sensasi garing di dalam adonan tepung basah. Misalnya baking powder hingga air soda. Kamu bisa melakukan hal yang sama untuk memaksimalkan hidangan tersebut supaya crispy-nya tahan lama.

Minyak mesti dalam kondisi panas yang pas

5 Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Proses menggoreng ikan menjadi salah satu penentu apakah kreasi fish and chips kamu bisa berhasil atau tidak. Kebanyakan orang salah menggunakan minyak goreng di dalam hidangan ini sehingga ikan akan cenderung lebih lembek dan berminyak.

Menggoreng ikan di dalam minyak yang masih dingin adalah teknik yang salah untuk membuat ikan lebih krispi. Bahkan jika terlalu panas, maka makanan tersebut akan lebih mudah gosong tetapi teksturnya juga tidak sempurna.

Panas yang tepat bisa di ukur menggunakan termometer atau secara sederhana dapat di lakukan dengan mencelupkan benda dari kayu ke dalam minyak. Jika sudah muncul gelembung-gelembung maka kamu bisa memasukan ikan ke dalamnya.

Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Masak menggunakan metode deep frying

5 Tips Mengolah Ikan yang Enak dalam Sajian Fish and Chips

Bukan cuma soal suhu yang mesti di perhatikan dalam proses penggorengan fish and chips yang sempurna. Melainkan jumlah minyak goreng yang di pakai pun akan turut memberi hasil yang berbeda jika di lakukan dengan tepat.

Hindari memasak fish and chips terutama bagian ikan dengan metode biasa. Justru teknik paling tepat untuk memasak bagian tersebut adalah menggunakan metode deep frying. Cara ini memerlukan minyak yang sangat banyak supaya daging terendam dengan sempurna.

Hal itu juga akan memudahkanmu dalam proses memasak bahan-bahan karena seluruh bagiannya bisa matang merata. Jadi, hindari menggunakan sedikit minyak dalam menggoreng karena itu akan membuat ikan jadi lembek.

Menikmati fish and chips di rumah akan membuat kamu bebas untuk membuat hidangan tersebut dalam ukuran dan porsi yang lebih banyak. Selain lebih hemat, rasanya juga bisa di sesuaikan dengan referensi favorit kamu biar lebih menggugah selera.

SUMBER BERITA : VIP DOMINO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *