Pil KB Darurat: Kegunaan, Cara Kerja, Efek Samping

Pil KB Darurat: Kegunaan, Cara Kerja, Efek Samping

Pil KB Darurat: Kegunaan, Cara Kerja, Efek Samping. Misalnya, rusaknya pelindung fisik, tidak mendapatkan kontrasepsi rutin, hingga hubungan fisik non konsensual.

Apakah obat ini dan seberapa efektif penggunaannya?

Apa itu pil KB darurat?

Sebagaimana pil KB rutin, pil KB darurat merupakan salah satu bentuk kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

Meski mirip, tidak sama dengan pil KB. Pertama, mengandung progestin saja, biasanya levonorgestrel (Plan B One-Step®) yang tersedia over the counter. Ada juga yang menggunakan kandungan gabungan.

Kenapa obat ini diminum?

Pil KB Darurat: Kegunaan, Cara Kerja, Efek Samping

Tujuannya, mencegah ovulasi dan terjadinya kehamilan.

  • Hubungan seks vaginal tanpa kondom atau metode pengendalian kelahiran lainnya 
  • Seseorang membuat kesalahan dengan alat kontrasepsi biasa, seperti lupa minum pil KB, mengganti cincin, atau mendapatkan suntikan tepat waktu, dan melakukan hubungan seks vaginal
  • Kerusakan pada kondom atau terlepas ketika dan setelah ejakulasi alias cumming
  • Pasangan tidak ejakulasi tepat waktu
  • Hubungan seks, terutama vaginal, tanpa konsensus atau pemaksaan.

Bagaimana cara kerja pil KB darurat?

Morning after pill tidak untuk menggagalkan kehamilan dan aborsi. Ia bekerja dengan mencegah terjadinya ovulasi sebagai bagian dari siklus reproduksi normal perempuan.

Ovulasi merupakan saat terjadinya ovarium mengeluarkan sel telur. Yang mana ketika tidak terjadi ovulasi, maka kecil kemungkinan terjadi pembuahan dan kehamilan.

Hal tersebut karena kehamilan tidak serta merta terjadi. Sperma yang masuk ke dalam leher rahim bisa bertahan hingga enam hari. Jika selama waktu tersebut seseorang mendapat ovulasi, maka sperma bisa menemui sel telur dan terjadi pembuahan.

Karena pil KB darurat bertindak sebagai pengerem tubuh agar tidak ovulasi, maka waktu minum sangat berpengaruh. Mendapatkannya secepat mungkin dapat membantu tingkat keefektifan obat.

Apakah pil KB darurat efektif?

Dilansir Cleveland Clinic, selama dikonsumsi dengan benar, morning after pill bisa menekan potensi terjadinya kehamilan. Terlebih jika melakukan seks tanpa pelindung fisik. 

Efektif tidaknya, tergantung kapan seseorang meminumnya. Semakin cepat diminum setelah seks tanpa pelindung, makin tinggi pula potensi keberhasilannya. Lanjutkan membaca artikel di bawah

Kamu bahkan tidak perlu menunggu pagi esok hari. Sebisa mungkin minum dosis pertama dalam 72 jam setelah hubungan intim tanpa pelindung terjadi. Mengulur waktu mengonsumsinya, membuat obatnya kurang efektif.

Apakah pil KB darurat aman?

Pil KB Darurat: Kegunaan, Cara Kerja, Efek Samping

Namun, dengan ketentuan, kamu mengonsumsinya secara benar dan sesuai aturan berlaku.

Meski dapat mencegah kehamilan, sifat pil KB darurat tidak sama seperti biasa. Kamu tidak boleh mengambil obat ini sebagai kontrasepsi rutin. 

Efek samping pil KB darurat

Pil KB darurat memang tidak memicu terjadinya dampak negatif jangka panjang. Namun, konsumsi obat ini tetap dapat memberikan efek samping, di antaranya:

  • Mual atau muntah
  • Pusing
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Kelembutan payudara
  • Pendarahan di antara periode atau perdarahan menstruasi yang lebih berat
  • Sakit perut bagian bawah atau kram

Atau, kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menurunkan efektivitas pil pagi hari, seperti barbiturat atau St. John’s wort.

Jenis pil KB darurat terbaik untuk dikonsumsi

Bahkan, satu momen bisa berbeda dengan momen yang lain.

Jika kurang dari 72 jam, kamu bisa mengonsumsi levonorgestrel (seperti Plan B). Sebab, obat jenis ini akan berkurang efektivitasnya setelah batas waktu tersebut. Selebihnya, ulipristal (seperti ella®), bisa bekerja lebih baik.

Konsumsi kontrasepsi darurat juga bergantung pada berat badan. Levonorgestrel (Plan B) kurang efektif apabila berat seseorang lebih dari 165 pon atau sekitar 75 kg. Adapun ulipristal (ella) kurang maksimal apabila berat seseorang lebih dari 195 pon atau sekitar 88 kg. Alternatif lainnya adalah pemasangan IUD karena tidak memperhitungkan berat badan.

Plan B mungkin lebih terjangkau karena kamu tidak memerlukan resep dokter untuk menebusnya.

Obat ini tidak akan mencampuri ASI. Namun, pada elle yang mengandung ulipristal, kamu perlu memompa ASI dan membuangnya selama 72 jam. Sebab, obat ini mempengaruhi dan terserap ke ASI ibu.

Selain itu, kamu tidak boleh menggunakan dua obat kontrasepsi darurat sekaligus. Bukan meningkatkan efektivitas, campuran keduanya dapat meningkatkan risiko efek samping serius.

bisa jadi solusi ketika seks tanpa pengaman terjadi.

Sumber agen pkv games berkualitas

𝑾𝒉@𝒕𝒔𝟒𝒑𝒑 : +62 819–3431–7326
𝐋𝟏𝐧𝐤 : https://tempat.link/vipdomino

VIPDOMINO : Situs Bandar Domino Terpercaya dengan Permainan Terlengkap serta Deposit Melalui Bank ,E-wallet, dan Pulsa Potongan Rendah Modal Receh Outo Sultan Terbukti RTP Tertingi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *