Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

VipDomino – Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan. Mengandung vitamin C yang tak kalah dari daging buah, jaga tekanan darah hingga kolesterol.

Kulit jeruk bersifat antikanker dan antiinflamasi sehingga mampu mencegahmu dari kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut Beberapa Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kulit jeruk mengandung hesperidin, yakni senyawa alami bioflavonoid yang biasanya terkandung dalam buah sitrus.

Senyawa ini dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah hingga kolesterol. Tidak hanya itu, kandungan Flavon polymethoxylated (PMFs) dalam kulit jeruk juga dapat menurunkan kolesterol

Inilah yang menyebabkan kulit jeruk mampu meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah tekanan darah dan kadar kolesterol yang berlebihan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kulit jeruk sejak zaman kuno telah dimanfaatkan dalam pengobatan gangguan pencernaan.

Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare dan mulas.

Selain itu, terdapat banyak serat dan polisakarida di dalamnya yang ampuh memperlancar pencernaan.

3. Menurunkan Berat Badan

Kulit jeruk memiliki kalori yang rendah tapi kaya akan serat. Sehingga bisa membantu meningkatkan metabolisme sekaligus membakar lemak tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengolah kulit jeruk dengan memasukkannya ke dalam smoothie ataupun dimakan sebagai camilan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Meskipun masih sedikit yang membahas manfaat ini, akan tetapi ada beberapa studi yang menyatakan bahwa kandungan dalam kulit jeruk seperti citral, decanal, dan limonene dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Berbagai senyawa ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga dapat menangkal infeksi sekaligus meningkatkan kinerja mata.

5. Melawan Peradangan

Penelitian mengatakan bahwa kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan.

Lebih lanjutnya lagi, ada penelitian yang menunjukkan kulit jeruk juga memiliki fungsi serupa dengan indometasin (obat anti-inflamasi) yakni untuk melawan peradangan. Capsa

6. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kulit jeruk dapat secara efektif mencegah aktivitas kanker.

Lebih detailnya lagi, beberapa penelitian lain juga telah membuktikan dan mengatakan bahwa kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yakni jenis kanker kulit berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *