#GiziLokal: 8 Manfaat Kesehatan Ikan Selar, Mari Makan!

#GiziLokal: 8 Manfaat Kesehatan Ikan Selar, Mari Makan!

#GiziLokal: 8 Manfaat Kesehatan Ikan Selar, Mari Makan!

VIPDOMINOONLOUNGE – POKER ONLINE GiziLokal: 8 Manfaat Kesehatan Ikan Selar, Mari Makan Saat kita pergi ke pasar dan menelusuri bagian boga bahari (seafood), mudah bagi kita untuk menemukan ikan selar atau yellowstripe scad (Selaroides leptolepis). Sesuai nama Inggrisnya, ikan selar memiliki garis kuning di sisi tubuhnya. Umumnya, ikan selar di jadikan pindang, di bakar, atau di asinkan. Rasanya? Bukan main!

Selain rasanya yang enak, ikan yang menghuni laut dangkal dan pesisir pantai ini juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh yang tidak kalah dengan ikan-ikan lainnya. Mau tahu apa saja? Inilah beberapa khasiat makan ikan selar untuk kesehatan.

1. Memperkuat tulang dan gigi

Menurut buku Kandungan Gizi Pangan Ikani tulisan Dr. Ir. Lena Jeane Damongilala, M.Si., ikan memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kekuatan tulang dan gigi. Tentu saja, ikan selar adalah salah satu ikan dengan vitamin identik dengan sinar matahari ini.

Selain itu, menurut Data Komposisi Pangan Indonesia Kemenkes, ikan selar juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, 40 miligram (mg) dan 179 mg masing-masing. Di lansir WebMD, agar efektif, kalsium harus di dampingi dengan fosfor. Vitamin D juga mempercepat penyerapan fosfor demi kepadatan tulang.

2. Menyehatkan mata

Meski tidak setenar wortel, ikan selar tetap bisa membantu menjaga kesehatan mata. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram ikan selar, terdapat kandungan vitamin A atau retinol sekitar 45 mikrogram (mcg). Vitamin A secara luas di ketahui bermanfaat untuk mencegah penurunan fungsi mata, terutama degenerasi makula terkait usia (AMD).

Retinol sendiri berfungsi untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi impuls ke otak. Selain itu, vitamin A juga adalah bagian dari rhapsodin, protein dalam mata yang membuat mata bisa melihat di keadaan cahaya redup.

Menurut National Institute of Health (NIH), kekurangan vitamin A umumnya dapat menyebabkan xerophthalmia. Umumnya di tandai dengan rabun senja atau nyctalopiaxerophthalmia yang tak di tangani dapat membuat mata kering hingga menyebabkan kebutaan permanen.

3. Memelihara fungsi otak dan kognitif

Ikan adalah sumber asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat) omega-3 yang baik. Salah satu fungsi paling umum dari omega-3 adalah menyehatkan otak. Tidak aneh jika ayah dan ibu kita mungkin sering mengatakan,

Kandungan nutrisi ikan selar juga di ketahui dapat menghambat penurunan kognitif akibat penuaan. Di kemukakan dalam studi gabungan di Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi yang di muat dalam jurnal Advances in Nutrition tahun 2012, kandungan EPA dan DHA dalam ikan dapat menghambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Menurut Harvard Health, omega-3 memiliki peran dalam membran sel di otak dan bagian tubuh lainnya. Lebih dari itu, omega-3 memiliki fungsi antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk otak. Kesimpulannya, memasukkan ikan (termasuk ikan selar) dalam menu makan sehari-hari amat baik untuk kesehatan otak.

4. Memelihara kesehatan jantung

Selain untuk otak, asam lemak omega-3 dalam bentuk asam alfa linolenat (ALA), asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) juga dapat di temukan dalam ikan selar. Di lansir MedlinePlus, omega-3 bermanfaat untuk jantung karena:

  • Mengurangi kadar trigliserida dalam darah
  • Mengurangi risiko detak jantung tidak teratur atau aritmia
  • Memperlambat penumpukan plak lemak, kolesterol, dan kalsium, yang mengeras dan menyumbat arteri Anda
  • Menurunkan tekanan darah, sehingga memperkecil risiko hipertensi

American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi ikan berlemak minimal dua kali seminggu. Oleh karena itu, amat di sarankan memasok ikan selar di kulkasmu sebagai bahan menu untuk beberapa hari ke depan. JOINSINI

5. Memiliki khasiat antioksidan dan baik untuk imun

Seperti ikan-ikan lainnya, ikan selar juga memiliki khasiat antioksidan. Antioksidan amat penting untuk mencegah penyakit kronis yang di sebabkan oleh stres oksidatif karena penumpukan zat radikal bebas. Fungsi antioksidan dari ikan selar terletak pada kandungan n-3 PUFA dan hidrolisat protein ikan (HPI/FPH).

Tak hanya antioksidan, omega-3 dalam ikan selar juga menawarkan manfaat terhadap sistem imun. Ini di kemukakan lewat sebuah studi di Swedia yang di muat dalam International Journal of Molecular Sciences tahun 2019.

Kandungan ALA, DHA, dan EPA pada ikan selar memengaruhi fungsi sistem imun, baik adaptif dan bawaan. Selain itu, penelitian tersebut juga mencatat omega-3 dan turunannya dapat bertindak juga sebagai molekul sinyal antara sel imun. Hasilnya, respons imun lebih cepat tanggap terhadap infeksi.

6. Mengurangi risiko obesitas

Sering kali, makanan menentukan risiko kelebihan berat badan atau obesitas. Berita baiknya, ikan selar adalah salah satu yang dapat menurunkan risiko obesitas. Selain punya khasiat antiinflamasi dan antioksidan, inilah manfaat lain dari kandungan n-3 PUFA dalam ikan selar.

Menurut penelitian di Brasiltahun 2018, “n-3 PUFA and obesity: from peripheral tissues to the central nervous system”, n-3 PUFA dapat mendatangkan manfaat untuk pasien obesitas. Ini karena n-3 PUFA dapat: 

  • Mengontrol jaringan adiposa dan mengurangi adipositas
  • Meningkatkan aktivitas inflamasi pada jaringan adiposa dan serum
  • Mengurangi trigliserida
  • Mengurangi stres oksidatif dalam plasma

Apakah hasil ini berlaku untuk ikan selar? Penelitian lebih lanjut perlu di cari tahu. Akan tetapi, temuan ini menjadi fondasi kuat dari manfaatnya terhadap obesitas.

7. Membantu otot jadi kekar

Kamu suka berolahraga intens untuk mendapat otot yang kekar? Pastinya kamu butuh asupan protein yang cukup. Faktanya, menurut Academy of Nutrition and Di etetics, 10-35 persen total kalori datang dari protein.

Selain itu, bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, protein amat penting agar otot tidak kehilangan massanya. Kuncinya, kalau membentuk otot, butuh protein lebih banyak, sementara untuk menjaga massa otot, protein tidak di perlukan terlalu banyak.

Ikan selar bisa menjadi salah satu solusinya. Data Konsumsi Pangan Indonesia mencatat bahwa ikan selar memiliki kandungan protein yang tidak kalah tinggi, yaitu 18,8 gram per porsi 100 gram. Dengan kandungan lemak yang hanya 2,2 gram, kamu tak perlu takut angka timbangan naik.

8. Tidur jadi lebih pulas

Manfaat ikan selar terakhir dalam daftar ini adalah kemampuannya untuk memperbaiki kualitas tidur. Lagi-lagi, manfaat ini berhubungan dengan kandungan omega-3 dalam ikan selar. Ini di kemukakan dalam penelitian oleh University of Oxford pada tahun 2014 yang melibatkan 362 anak berusia 7-9 tahun.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang di tawarkan oleh ikan selar. Selain mudah ditemukan dan di olah, sedapnya ikan ini juga di sertai deretan manfaat buat kesehatan. Masukkan ikan ini ke dalam daftar belanjamu, yuk, biasakan untuk mengonsumsinya!

SUMBER BERITA : VIPDOMINO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *