5 Benda Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

5 Benda Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

5 Benda Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

VIPDOMINOONLOUNGE – POKER ONLINE Benda Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kuno Banyak sekali teknologi yang bertebaran di sekeliling kita. Teknologi ini bermanfaat untuk membantu mempermudah berbagai kegiatan kita. Teknologi pun senantiasa mengalami berbagai perkembangan. Karenanya, banyak teknologi yang awalnya sangat di gandrungi, tetapi lama kelamaan hilang tergantikan dengan teknologi lain yang di anggap lebih maju.

Meskipun begitu, ada juga teknologi yang sudah ada sejak zaman kuno, tapi masih tetap di gunakan hingga saat ini. Seperti yang akan di jelaskan di bawah ini, yang sudah ada sejak zaman kuno tetapi masih kita gunakan setiap harinya.

1. Jam

Salah satu benda yang masih kita gunakan setiap hari dan ternyata sudah ada sejak zaman dulu adalah jam. Sistem penghitungan dari nol hingga 60 berasal sudah ada di Sumeria pada tahun 2000 SM, yang saat ini di kenal sebagai Iran dan Irak.

Menurut laman Ancient Origins, jam air, alat yang di gunakan untuk mengukur waktu melalui jumlah air yang masuk atau keluar dari wadah menggunakan bobot, juga di temukan dan di gunakan oleh orang Mesir kuno. Sampai saat ini, jam adalah benda yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari, bahkan sudah pasti ada di setiap rumah.

2. Sabun

Kuman dan bakteri ada di mana-mana dan bisa masuk ke tubuh lalu membuat kita sakit. Nah, mencuci tangan dan mandi dengan sabun sangat penting untuk mencegah penyebaran kuman dan penyakit. Ternyata, penggunaan sabun untuk membersihkan diri dari kotoran sudah ada sejak zaman dahulu.

Orang Babilonia kuno di anggap sebagai yang pertama menemukan sabun. Menurut laman Live Science, orang-orang Babilonia kuno sudah menggunakan sabun sejak 2800 SM menggunakan resep lemak hewani, abu kayu, dan air. Selain untuk membersihkan tubuh, sabun sederhana ini sebenarnya lebih banyak di gunakan untuk mencuci wol dan kapas.

Orang Mesir kuno juga mengembangkan sabun dengan resep serupa yang lebih banyak di gunakan untuk mengobati luka, penyakit kulit, dan membersihkan diri. Bangsa Romawi juga termasuk bangsa kuno yang sudah memanfaatkan sabun, pada awalnya sabun di gunakan oleh dokter untuk mengobati penyakit dan lama-kelamaan di gunakan untuk kebersihan pribadi.

3. Koran

Koran adalah media yang masih di pilih banyak orang untuk berbagi kabar terbaru dari tempat-tempat yang jauh. Namun, siapa sangka, konsep koran ternyata sudah ada ribuan yang lalu?

Konsep koran bisa di bilang meniru Acta Diurna yang berarti ‘Kisah Harian’ atau ‘Catatan Umum Harian’. Di jelaskan dalam laman Ancient Origins, Acta Diurna pertama kali ada pada tahun 131 SM di Romawi. Ini adalah media pemberitahuan publik harian yang diukir pada batu atau logam dan di pasang di tempat-tempat tertentu di sekitar kota kuno Roma. Pemberitahuan ini membuat penduduk kuno Roma tetap up to date dengan peristiwa terkini. Acta Di urna memuat berbagai bentuk, hiburan, bahkan astrologi. JOINSINI

4. Kertas

Fakta ini Kertas adalah benda yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan pelajar, mahasiswa, karyawan, bahkan kebanyakan dari kita. Kertas juga merupakan salah satu penemuan yang sudah ada sejak zaman kuno. Fakta ini seharusnya tidaklah mengherankan mengingat banyak peninggalan kuno, seperti aksara, yang di tulis di atas lembaran serupa kertas.

Penemuan kertas berkaitan dengan orang-orang Mesir pada tahun 3000 SM. Menurut laman World History, pada awalnya orang Mesir mengembangkan teknik untuk membuat kertas dari empulur tanaman papirus. Ini adalah tanaman khusus yang tumbuh subur di sepanjang tepi sungai Nil. Dengan menganyam potongan-potongan panjang dan menempatkan beban di atasnya, bangsa Mesir mampu membuat lembaran tipis yang panjang dan tahan lama ini. Bahkan, banyak hieroglif Mesir yang di tulis di atas lembaran papirus yang tetap utuh dan dapat di baca hingga saat ini.

5. Riasan mata

Tren smoky eyes sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Pada tahun 4000 SM, bangsa Mesir kuno membuat riasan mata dengan mencampur jelaga dengan galena, mineral dengan rona kebiruan, abu-abu, atau hitam metalik, di kutip dari laman History.

Dalam beberapa lukisan kuno, orang Mesir di gambarkan memakai riasan mata. Baik perempuan maupun laki-laki mengenakan riasan mata kohl pada zaman Mesir kuno. Mereka percaya itu memiliki sifat penyembuhan, serta kekuatan untuk melindungi pemakainya dari mata jahat.

Demikianlah beberapa benda yang kita gunakan sehari-hari dan ternyata sudah ada sejak zaman kuno. Menurut kamu, dalam seribu tahun ke depan, apakah benda-benda ini masih akan tetap ada dan di gunakan atau sudah di ganti dengan alternatif lain yang lebih baik?

SUMBER BERITA : VIPDOMINO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *