5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar!

5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar!

vipdominolounge–5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar! Menyambut kehadiran buah hati merupakan momen yang penuh kebahagiaan bagi setiap¬†ibu hamil¬†atau bumil. Segala persiapan untuk persalinan pun dilakukan dengan baik agar semuanya berjalan lancar. Namun selain menyiapkan persalinan, persiapan menyusui juga tak boleh luput dari perhatian.

1. Mempelajari teknik menyusui dengan benar

5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar!

Penting bagi bumil untuk memahami teknik menyusui yang benar. Mencari informasi melalui buku, kelas menyusui, atau konsultasi dengan ahli laktasi dapat memberikan bekal pengetahuan yang memadai. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang banyak tersedia kelas menyusui online yang memudahkan calon ibu untuk memperoleh informasi seputar menyusui. Kelas ini tak hanya memberikan pengetahuan dasar, tetapi juga membagikan tips praktis yang sangat berguna.

Dengan mengikuti kelas menyusui, bumil dapat mempersiapkan diri dengan baik, memahami teknik menyusui yang benar, dan mengetahui cara mengatasi kendala yang mungkin muncul selama menyusui.

2. Siapkan perlengkapan menyusui

5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar!

Sebelum melahirkan, pastikan untuk menyiapkan perlengkapan menyusui yang diperlukan. Berinvestasilah pada bra menyusui yang nyaman dan sesuai ukuran. Pilih bra yang dirancang khusus untuk mempermudah ibu saat menyusui, seperti bra yang memiliki kait di bagian depan atau samping agar bisa dibuka dengan praktis.Jangan lupa juga membeli bantal menyusui untuk mendukung posisi yang ergonomis. Pompa ASI dan wadah penyimpanan ASI juga bantu mempermudah ibu untuk memberikan ASI bagi bayinya di saat akan kembali bekerja atau ketika harus meninggalkan sang buah hati untuk sementara.

3. Memperhatikan pola makan

5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar!

Kualitas ASI sangat dipengaruhi oleh asupan gizi ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan pola makan yang seimbang. Karena harus memproduksi ASI untuk si kecil, maka jumlah kalori yang harus dipenuhi setiap harinya juga meningkat. Peningkatan ini bergantung pada masa menyusui ibu.

Sebagai contoh, berdasarkan Permenkes No. 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi, penambahan kalori untuk ibu menyusui atau busui di 6 bulan pertama adalah sebesar 330 kalori, atau setara satu porsi makan malam. Sementara itu, untuk busui di 6 bulan kedua harus menambahkan 400 kalori setiap harinya, yang setara juga dengan seporsi makan siang.

4. Bangun ikatan emosional dengan si kecil

5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar!

Sejak dalam kandungan, bumil sudah bisa membangun ikatan emosional dengan sang buah hati. Melakukan kegiatan yang meningkatkan bonding seperti mendengarkan musik bersama atau mengajak si kecil mengobrol dapat membantu bayi merasa nyaman dan dekat dengan ibunya setelah lahir. Ikatan emosional yang kuat akan memudahkan proses menyusui dan menciptakan hubungan yang lebih erat antara ibu dan bayi.

5. Bergabung dengan komunitas menyusui

5 Persiapan Menyusui yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil, Lebih Lancar!

Terakhir, carilah dukungan dan informasi lanjutan terkait menyusui. Bergabung dengan kelompok ibu menyusui atau forum online dapat menjadi sarana untuk berbagi pengalaman, mendapatkan tips, dan bertanya kepada ibu-ibu yang telah sukses menyusui sebelumnya.

Dukungan dari keluarga, teman, dan ahli laktasi juga sangat berharga dalam memberikan keyakinan dan motivasi kepada bumil untuk menjalani perjalanan menyusui dengan penuh percaya diri.

Dengan melakukan persiapan yang baik, bumil dapat memastikan bahwa proses menyusui berjalan lancar sehingga kesehatan dan perkembangan bayinya menjadi lebih optimal. Ingatlah bahwa setiap perjalanan menyusui adalah unik. Dukungan serta persiapan yang baik akan membantu menciptakan pengalaman menyusui yang menyenangkan.

SUMBER BERITA >> VIP DOMINO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *